13 Contoh Peluang Usaha Kreatif Berdasarkan Hobi

Memiliki hobi tertentu akan sangat menguntungkan jika dikembangkan menjadi suatu ide usaha kreatif. Contoh peluang usaha baru bisa saja Anda ciptakan berdasarkan hobi Anda. Tentu ini sangat mengasyikkan karena kita menjalankan bisnis berdasarkan apa yang kita sukai sehingga mungkin apa yang kita lakukan selalu membuat kita tetap asyik. Contoh peluang usaha karena hobi ada banyak sekali dan masing – masing orang tentu berbeda karena hobi seseorang juga tidak selalu sama. Berikut ini contoh usaha kecil – kecilan yang bisa Anda buka sebagai peluang usaha baru berdasarkan hobi Anda masing – masing.

13 Contoh Peluang Usaha Kreatif Berdasarkan Hobi


 Contoh Peluang Usaha Kreatif Berdasarkan Hobi

1. Berternak burung kicauan
Contoh peluang usaha kreatif pertama adalah berternak burung. Berternak burung memiliki prospek yang menjanjikan, apalagi banyak penghobi burung kicauan yang fanatik dan tidak segan – segan untuk mengeluarkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk mendapatkan burung kelas juara. Anda yang memiliki hobi ini tentu sudah paham, bagaimana mendatangkan peluang usaha baru untk mendapatkan pundi – pundi rupiah.

2. Membuka rental Playstation
Anda yang hobi bermain game, mengapa tidak membuka jasa buka rental PS saja. Memang membutuhkan cukup modal di dalam mengawali usaha ini. Namun jika Anda sudah mengenali seluk beluk tentang Playstation, akan sangat mudah bagi Anda untuk menarik pelanggan serta gamer, apalagi Anda sudah memiliki banyak teman yang memiliki hobi yang sama.

3. Jualan DVD Film
Contoh peluang usaha yang ketiga adalah jualan DVD film. Anda punya hobi menonton film? Tidak sedikit mereka yang hobi banget nonton film dan rela membeli DVD Asli hanya untuk sekedar menonton film kesayangan mereka. Semakin lama tentu saja akan semakin banyak koleksi film yang dimiliki. Nah, daripada koleksi sudah banyak di rak rumah Anda, DVD tersebut bisa Anda jual kembali dan menghasilkan rupiah. Anda dapat menjualnya secara online.

4. Menulis
Anda suka sekali menulis? Buatlah peluang usaha baru dari hobi menulis Anda sebagai usaha. Misalnya Anda membuka jasa penulis artikel untuk website. Memang sudah banyak jasa penulis konten website atau blog yang bertebaran di forum – forum. Namun jika Anda menyukai hobi menulis ini, tentu tidak akan kesulitan di dalam memulai usaha jasa penulis konten. Asah kemampuan Anda dengan mempelajari sedikit mengenai penulisan yang baik untuk blog atau website. Karena sebagai penulis untuk web atau blog perlu mengatahui teknik penulisan yang baik agar artikel tetap enak dibaca serta bisa bersaing dengan blog lain di penelusuran pencarian Google.

5. Hobi travelling
Contoh peluang usaha berikutnya adalah dengan membuka agen perjalanan wisata, rental serta petualangan. Ini khusus bagi Anda yang hobi travelling. Salah satu contoh orang yang sukses menciptakan usaha travelling ini adalah Adi Setiadi yang merupakan lulusan Fakultas Teknik Informatika Universitas Indonesia. Ia mengawali usaha ini berdasarkan kecintaannya terhadap travelling. Ia berhasil mendapatkan omset ratusan juta dari usaha tersebut.

6. Jasa desain grafis
Contoh peluang usaha lainnya adalah jasa desain grafis. Anda hobi edit foto atau membuat logo? Anda dapat membuka usaha jasa pembuatan logo atau edit foto secara online. Ini adalah peluang usaha yang menjanjikan, karena ketrampilan dalam mengedit foto menggunakan Photoshop atau membuat logo dengan aplikasi Corel tidak semua orang bisa. Tunjukkan hasil terbaik karya Anda diforum – forum, tawarkan jasa Anda. Jika hasil karya Anda sudah sangat oke, maka bisa membuka usaha jasa ini dengan target orang bule. Tentu pendapatannya pun akan semakin tinggi dibanding Anda menawarkan jasa untuk market lokal saja.

7. Usaha menjual foto
Contoh peluang usaha ini cocok bagi Anda yang hobi dengan fotografi. Daripada foto hasil jepretan Anda nganggur di laptop atau kartu memori Anda, foto – foto tersebut bisa Anda jual di situs atau website yang menyediakan sarana untuk menjual foto – foto koleksi Anda. Ada website gratis yang memberi sarana ini untuk tempat menjual foto – foto original hasil dari para fotografer.

8. Membuka kuliner khas
Bagi yang hobi memasak, bisa bereksperimen untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika berhasil maka makanan atau masakan Anda dapat Anda jual dengan membuka kios atau warung makanan. Anda yang hobi membuat kue atau makanan lainnya dapat mencoba menjualnya dengan melakukan promosi terlebih dahulu. Buat cita rasa khas yang enak agar bisa mendatangkan banyak pelanggan.

9. Pernak – pernik kerajinan tangan
Contoh peluang usaha modal kecil berdasarkan hobi adalah menjual hasil karya kerajinan tangan mereka. Bagi yang gemar membuat asesoris dari berbagai bahan, misal merajut, membuat boneka dari bahan bekas, maka hasil karya ini bisa dijual secara online. Manfaatkan media sosial seperti facebook atau Instagram untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan Anda.

10. Bengkel motor spesialis
Anda memiliki hobi dengan motor tertentu dan sangat menyukai utak –utik mesin motor tersebut? Misalnya Anda hobi mengendari motor Vespa atau motor tua lainnya, maka dari sini bisa Anda mulai membuka peluang usaha baru untuk membuka reparasi sepeda motor tua tersebut. Memang perlu modal yakni alat – alat yang dipergunakan untuk memperbaiki motor tersebut. Namun keinginan untuk memiliki usaha sendiri tentu menjadi dorongan kuat untuk memiliki tempat usaha sendiri. Selain itu, biasanya penghobi motor tertentu memiliki komunitas tersendiri. Anda dapat memanfaatkan jaringan pertemanan ini untuk mempromosikan bengkel motor Anda.

11. Hobi musik
Contoh peluang usaha karena hobi lainnya adalah musik. Banyak anak muda menyuka musik. Beberapa group band menjadi idola, dan mereka ikut mulai bermain musik atau membentuk group band.  Anda bisa memanfaatkan hobi Anda dengan membuka studio band. Disamping Anda bisa bermain musik ditempat sendiri, kita bisa menyewakan tempat musik ini. Selain itu kita bisa menjual pernak – pernik misal stiker, topi, kaos musik dan lain – lain. Memang butuh modal yang tidak sedikit. Namun ini adalah investasi Anda di hari yang akan datang, karena hobi bermain musik ini akan terus ada, berganti dari generasi ke generasi berikutnya.

12. Melukis
Melukis merupakan contoh peluang usaha yang tidak banyak orang bisa melakukannya. Hasil lukisan bisa di pamerkan saat ada pameran. Anda dapat menawarkan keahlian Anda untuk mendesain kaos dan lain lain. Ikutlah dalam komunitas dari para penghobi ini, karena kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai banyak hal termasuk event – event atau pameran lukisan yang akan diadakan di kota tertentu. Dengan begitu, kita bisa menunjukkan hasil karya terbaik kita.

13. Bisnis online (membuat blog / Video Youtube)
Anda yang memiliki hobi menulis namun tidak ingin menjual hasil tulisan Anda maka bisa membuat blog sebagai penyaluran dari hobi menulis Anda. Dari blog ini, maka kita bisa mendapatkan penghasilan dari para sponsor atau pengiklan. Dari contoh peluang usaha ini pula, kita juga bisa menjual suatu produk apabila kita memilikinya.

Selain membuat blog, contoh peluang usaha lainnya adalah mengupload video ke Youtube dimana ini juga bisa dijadikan ide usaha kreatif lainnya. Misal Anda memiliki hobi mengedit video, maka hasil editan video tersebut bisa Anda upload ke Youtube dan Anda dapat memonitize dengan iklan yang ada sehingga bisa menghasilkan uang dari sana.

Baca juga : 


Nah itulah contoh peluang usaha baru yang bisa Anda ciptakan sebagai ide usaha kreatif untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa peluang usaha tersebut termasuk contoh usaha kecil – kecilan yang tidak membutuhkan modal besar. Sebagian membutuhkan modal besar seperti membuka studio musik, bengkel dan rental Playastation. Semoga bermanfaat.