Tips Memilih Produk Asuransi Syariah yang Tepat

Apakah anda mencari informasi tentang tips untuk memilih produk asuransi syariah yang tepat? Di Indonesia terdapat dua jenis asuransi yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Adapun perbedaan diantara keduanya yaitu asuransi syariah pada prinsipnya salah satu usaha tolong menolong yang dijalankan oleh dua orang atau lebih yang kemudian dana dikelola oleh perusahaan asuransi dengan system bagi hasil sebagai sebuah investasi masa depan berdasarkan hokum syariah.

Tips Memilih Produk Asuransi Syariah yang Tepat

Asuransi konvensional ialah sebuah perjanjian yang mengikat antara nasabah asuransi dan perusahaan asuransi dengan membayar premi sebagai pengikat kontrak perjanjian diantara keduanya. Investasi dana dari asuransi ini menganut system bunga, dana yang terkumpul akan menjadi hak penuh dihak perusahaan asuransi.

Dilihat dari uraian diatas, sudah jelas bisa kita simpulkan jika asuransi syariah lebih menguntungkan dibandingkan dengan asuransi jenis konvensional. Namun kita juga harus cermat dalam memilih produk asuransi yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi. Oleh sebab itu pentng bagi anda untuk mengetahui tips memilih produk asuransi syariah yang tepat berikut ini.

#1 Pilih Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
Para nasabah asuransi sebaiknya tahu dan mengerti jenis asuransi apa yang sedang dibutuhakan. Karena ada beberapa jenis asuransi yaitu seperti asuransi kesehatan, kendaraan, jiwa, pendidikan dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu pilihlah salah satu yang benar-benar anda butuhkan.

#2 Mencari Reverensi Produk Asuransi di Setiap Perusahaan Asuransi
Yang harus anda ketahui adalah setiap perusahaan asuransi selalu menawarkan berbagai keunggulan-keunggulan yang bertujuan untuk menarik nasabah barunya. Memilih dengan hanya memiliki sedikit deverensi tentu tidakakan maksimal, jika anda memiliki waktu luang kunjungilah satu per satu perusahaan asuransi tersebut.

#3 Dewan Pembayaran Syariah
Dewan pembayaran syariah ini harus ada pada perusahaan asuransi syrariah yang anda pilih. Dewan pembayaran syariah ini memiliki beberpa anggota yang memiliki keahlian dibidang ekonomi syariah. Mereka yang memastikan produk-produk yang di tawarkan oleh perusahaan kepada nasabah tersebut halal sesuai dengan syariat islam

#4 Mempelajari akad asuransi syariah
Akad asuransi syariah adalah suatu kesepakatan yang telah di sepakati oleh nasabah dan perusahaan asuransi dalam sebuah perjanjian asuransi syariah. Anda sebaiknya mempelajari bagaimana akad asuransi yang akan digunakan oleh perusahaan asuransi karena akan berkaitan dengan pembayaran premi polis asuransi.

#5 Pelajari ilustrasi yang ditawarkan agen
Sebelum anda menyetujui akak asuransi syariah, agen asuransi akan memberikan ilustrasi yang menjelaskan semua hal mengenai produk asuransi tersebut. Umumnya ilustrasi yang diberikan agen berisi tentang hal-hal apa saja yang bisa anda dapatkan jika perjanjian periode kesepakatan telah berahir. Anda harus memahami untuk setiap detail yang mereka jelaskan. Jika ada keraguan jangan malu utuk mengajukan pertanyaan. Anda juga jangan terlalu cepat tergiur dengan keuntungan yang tidak wajar, maksutnya keuntungan yang jauh melebihi perusahaan asuransi lainnya.

#6 Bandingkan tariff premi yang paling hemat dari berbagai perusahaan asuransi
Tarif premi memang selalu berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi. Oleh sebab itu akan sangat baik jika anda melakukan survey untuk masalah ini, pilihlah perusahaan yang menawarkan premi polis yang sesuai dengan keadaan keuangan keluarga anda. Pilihlah tarif premi yang sewajarnya namun tetap kompetitif. Perlu diingat bahwa jangan terlalu tergiur dengan premi polis yang terlalu murah dibandingakan dengan perusahaan syariah pada umunya karena akan memepersempit manfaat asuransi yang diberikan.

#7 Sistem pengelolaan dana asuransi syariah
System pengelolaan ini harus sesuai dengan hokum syariat islam yang menganut prinsip Al Mudarabah. System ini mampu diterima oleh semua kalangan, baik itu kaum muslim maupun non muslim.

#8 Memilih agen asuransi syariah
Agen asuransi ini bertugas untuk menjembatani nasabah dengan perusahaan asuransi. Maka pilihlah agen asuransi professional yang bisa menjelaskan produk asuransi dengan baik. Selain itu pastikan juga agen yang anda pilih telah tergabung di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.

Penting bagi anda untuk mengetahui tips untuk memilih produk asuransi syariah yang tepat, karena hal ini juga akan berdampak pada kesejahteraan keluarga anda. Jangan sampai salah dalam memilih produk yang benar-benar anda butuhkan.