Cara Menggemukkan Sapi Potong dengan Sistem Keraman

Apakah anda mencari informasi tentang cara menggemukkan sapi potong dengan sistem keraman? Daging adalah salah satu bahan makanan yang sering di cari dan diminati oleh masyarakat. Namun jumlah tersediaan daging ini masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat. Terbukti dari import daging Negara yang selalu bertambah pertahunnya. Apalagi jika memasuki bulan ramadhan, banyak sekali kebutuhan masyarakat untuk daging, terutama daging sapi. Oleh sebab itu, melakukan budi daya sapi potong ini sangat menjanjikan untuk anda.

Cara Menggemukkan Sapi Potong dengan Sistem Keraman

Cara penggemukan sapi potong dengan system keraman yaitu penggemuan sapi yang dilakukan di dalam kandang. Sistem penggemuan ini sangat membutuhkan banyak biaya dan tenaga, karena kita yang akan melakukan perawatan sapi dan juga kandang. 


Langkah-langkah dalam menggemukan sapi dengan sistem keraman

Ada beberapa tahapan yang akan kami paparkan agar pembaca lebih mudah dalam menjalankan bisnis ini. Dengan target tertentu yang biasa kita targetkan sangat mungkin bisa tercapai dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Memilih jenis sapi potong yang baik
Jenis sapi yang baik akan mempermudah kita dalam system penggemuakan dan hasil yang diperoleh juga pastinya lebih baik. Sapi yang akan digunakan sebagai bakalan untuk di gemukkan yaitu sapi yang berumur 1 sampai denga 1,5 tahun. Jenis sapi yang biasa digemukkan adalah sapi brahman, sapi Madura, sapi bali, sapi angus, sapi brangus, sapi Hereford, sapi charolain, sapi ongole, sapi keturunan ongole, sapi limousine dan sapi shorthorn.

Bakalan sapi potong yang baik yaitu memiliki bobot kurang lebih 200kg dengan badan kurus dan sehat. Selain kurus dan sehat ada beberapa ciri kusus lain yaitu tidak cacat, memiliki bulu pendek, bentuk tubuh silindris, memiliki bentuk muka panjang, rusuk cembung, punggung lurus dan memiliki kerangka rusuk lebar. Sebaiknya anda memilih sapi dengan kriteria tersebut untuk mempermudah penggemukan yang akan anda lakukan.

2. Pemberian pakan
Salah satu kunci yang harus dilakukan dengan sangat teliti dan harus mendapat perhatian lebih adakah cara pemberian makan, karena tidak di pungkiri bahwa cara pemberian porsi  makan yang baik akan memberikan hasil yang lebih baik. Penggemukan sapi potong ini biasanya membutuhan waktu 6 bulan dan dalam waktu se singkat itu anda harus menggemukan sapi sampai memenuhi target anda.

Pemberian makan sapi potong tidak cukup dengan menggunakan daun atau rumput saja, namun juga membutuhkan beberapa makanan lain untuk mempercepat pertumbuhan lemak dan daging sapi. Formula yang bisa anda terapkan yaitu memberikan bekatul 60gr, hati sagu 6gr, mixed mineral  0,5 gr, tepung ikan 3 gr, garam dapur 0,5 gr dan bungkil kelapa 30. 

Pemberian makanan pada sapi potong tersebut disesuaikan denan pertumbuhan sapi, berikan makanan hijau sebanyak 30 kg pada sore hari dan pada pagi hari berikan makanan penguat berupa 40 kg bekatul dan garam 0,25 kg, jika perlu berikan gaplek untuk makanan tambahan.

3. Tahap penjualan sapi potong
Sapi potong paling cepat sudah bisa kita panen saat sudah digemukan selama 6 buan. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah memberikan makanan penguat untuk mempercepat penambahan berat badan sapi karena akan mampu meningkatkan nafsu makan sapi. 

Baca juga : 

Demikian beberapa informasi mengenai cara menggemukkan sapi potong dengan sistem keraman. Memperoleh hasil berat sapi yang sesuai target, akan memberikan kepuasan tersendiri dan akan memberikan pundi-pundi uang yang cukup memuaskan pula.