Tips Cara Memulai Strategi Bisnis Travel Online Agar Sukses

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara memulai bisnis travel online dimana peluang bisnis tour and travel saat ini menjadi salah satu usaha yang terbilang menjanjikan. Banyak orang yang yang penasaran mengenai bisnis tour and travel online dimana usaha ini dikatakan tidak perlu membutuhkan ruang atau kantor khusus. Kita bisa menjalankan bisnis travel online dimana saja. Jika dahulu untuk mendirikan agen tour and travel diharuskan memiliki kantor khusus disertai berbagai surat ijin usaha, maka saat ini untuk mendirikan tour and travel sudah tidak perlu repot repot harus membangun kantor sendiri serta memiliki surat ijin usaha yang macam - macam. Hal ini dikarenakan untuk menjalankan strategi bisnis tour travel bisa menggunakan sistem sub agen atau franchise dari agen induk.

Tips Memulai Strategi Bisnis Travel Online Agar Sukses

Ya, di jaman sekarang yang serba online, maka bisnis travel online pun menjadi suatu terobosan baru untuk lebih memudahkan para penyedia jasa ataupun pelanggan untuk berinteraksi melalui fasilitas jaringan internet. Jadi faktor jaringan internet sangat menjadi krusial saat seseorang ingin terjun ke dalam bisnis travel online.

Meski menggunakan jaringan internet sebagai salah satu faktor mendasar untuk memulai usaha tour and travel, strategi bisnis tour travel juga seharusnya tetap dikuasai oleh para pebisnis, apalagi bagi kita yang baru akan memulai bisnis travel ini.

Keuntungan dari menjalankan bisnis travel online sendiri jelas, yakni menghemat biaya untuk beberapa perlengkapan terutama sewa tempat atau kantor. Selain itu, proses yang dilakukan dengan cara sistem online dapat berlangsung cepat tanpa menunggu bertemunya penyedia jasa dan pelanggan sehingga sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya bagi pelanggan sendiri.

Untuk kedepan, bisnis ini terlihat tetap memiliki peluang yang baik karena jaman yang serba menggunakan fasilitas internet terbukti membuat orang lebih menyukai cara praktis menggunakan gadget mereka sebagai alat untuk mempermudah berbagai keperluan termasuk menggunakannya untuk memesan tiket tempat wisata atau memesan tiket perjalanan secara online.

Tidak hanya menggunakan fasilitas internet saja, bisnis travel ini juga bisa dilakukan tanpa jaringan internet atau hanya menggunakan fasilitas SMS melalui hp.

Beberapa agen travel saat ini menyediakan franchise kerjasama bagi Anda semua untuk memulai usaha membuka bisnis travel online. Beberapa menggunakan aplikasi web base dimana kita akan mendapatkan username dan password setelah melakukan proses pendaftaran.

Bisnis travel online terkait erat dengan berbagai keperluan pemesanan tiket transportasi tiket pesawat, kereta api dan lain lian. Dalam memesan tiket pesawat, banyak orang yang memilih untuk memesan tiket pesawat secara online. Salah satu agen travel mengungkapkan jika harga dari tiket pesawat yang dipesan melalui online juga relatif terjangkau.

Menurut data dari BPJS, dari tahun 2012 dan seterusnya, pemesanan tiket pesawat terus meningkat bahkan peningkatan ini berkisar antara 30% -  40%.

Menurut salah satu agen travel online mengemukakan jika di Jakarta saja setiap bulan ada 2 juta penumpang pesawat dan ini belum kota lainnya. Jika saja kita dapat mengambil market 0,1% saja dari total penumpang di Jakarta saja maka keuntungannya bisa dirata – rata 25rb per penumbang jika dihitung bisa sampai 50 juta perbulan. Ini merupakan faktor kali yakni sedikit x banyak x sering  = banyak. Tentu ini sangatlah potensial untuk dijadikan bisnis travel online yang menjanjikan dalam jangka panjang.

Bisnis travel online bukan bisnis musiman


Tips Memulai Strategi Bisnis Travel Online Agar Sukses

Banyak yang beranggapan jika bisnis travel merupakan bisnis musiman dimana hanya ramai pada saat musim – musim liburan. Bisnis travel online bukan bisnis musiman, terbukti di bandara, stasiun atau pun terminal terlihat tidak pernah sepi dari penumpang.

Bisnis travel online ini merupakan bisnis yang menerima pembayaran terlebih dahulu di muka sehingga bisnis model seperti ini merupakan bisnis yang minim terkena resiko kerugian. Setelah calon penumpang membayar tiket maka kita akan melakukan proses issued serta print atau memberikan tiketnya.

Keuntungan memulai bisnis travel online adalah Anda dapat menjalankan dimana saja Anda berada.
Untuk memulai bisnis travel ini, anda hanya membeli sistem franchise tour and travel yang biasanya dilakukan sekali saja. Berikutnya bisa berulang kali sesuai dengan masing – masing agen yang menawarkan bisnis ini.

Beberapa agen bisnis tidak hanya menawarkan tiket perjalananya saja, bahkan mereka menyediakan berbagai tiket keperluan seperti tiket masuk tempat wisata, haji/umroh, tour internasional, pulsa listrik, pulsa valas, tiket bioskop dan lain – lain.


Tips Cara memulai bisnis travel online


Untuk memulai bisnis travel online, maka kita sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. Persiapan apa saja?

1. Perlengkapan operasional
Perlengkapan operasional disini bisa berupa gadget misalnya smartphone, komputer atau laptop. Pastikan juga kita memiliki jaringan internet yang lancar. Selain itu, jika memungkinkan kita sediakan mesin fax dan printer.

2. Pelajari masing masing agen
Kita harus mengetahui bagaimana bisnis travel online ini berjalan. Sebagai seseorang yang baru mau terjun kedalam bisnis travel online maka kita harus banyak belajar dengan membaca referensi mengenai sistem bisnis ini. Cari informasi sebanyak – banyaknya mengenai agen – agen bisnis travel online mereka.

Setelah itu kita harus mengetahui bagaimana kredibilitas masing – masing agen yag akan kita daftar. Dengan mengetahui kredibilitas dari agen tersebut, maka kita akan lebih mantab untuk ikut dalam sistem franchise mereka.

3. Lakukan pendaftaran sesuai budget
Jika kita sudah memilih agen yang terbilang bonafid dan dapat di percaya maka segera tanya – tanya menegnai bisnis tersebut sebelum bergabung dalam sistem franchise mereka. Ini dapat membuka seputar rasa ketidaktahuan kita sehingga kita akan lebih mengetahui tentang apa yang nantinya kita kerjakan.

4. Ikuti training mereka
Setelah mengisi form pendaftaran serta pembayaran, jika agen menyediakan pelatihan secara online/pun workshop yang disediakan (jika ada), maka segera ikuti untuk menambah wawasan dalam menerapkan strategi bisnis tour travel untuk mendapatkan kesuksesan.

5. Bergabung dalam komunitas mereka
Selalu terhubung dengan para pebisnis lainnya guna mendapatkan gambaran serta pemecahan masalah menjadi salah satu langkah yang tepat agar bisnis ini terus berjalan. Setiap permasalahan sebaiknya selalu konsultasikan kepada pihak agen. Atau bisa sharing dengan sesama anggota terutama mereka yang telah lebih dulu terjun dalam bisnis travel online.

6. Promosi
Hal yang tidak pernah lepas dari strategi bisnis tour travel adalah promosi. Cara ini juga merupakan cara yang umum dan harus dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Tips Memulai Strategi Bisnis Travel Online Agar Sukses

Beberapa agen menyediakan deposit dimana kita membeli dengan harga agen dan menjualnya dengan harga publik. Namun ada juga dari pihak agen yang menyediakan harga tiket agen sama dengan harga tiket publik. Namun harga tiket agen tersebut sudah termasuk dalam komisi yang sudah kita dapat.

Jika Anda tertarik, bisa baca – baca infonya di thread Kaskus berikut ini : https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002528264/ask-cara-membuka-bisnis-travel/.

Nah demikian pembahasan mengenai cara memulai bisnis travel online semoga bermanfaat bagi Anda semua. Peluang bisnis tour and travel online ini akan semakin menjanjikan jika kita memiliki strategi bisnis tour and travel yang benar, terutama promosi. Tips cara sukses bisnis tour travel lainnya adalah memberikan kepercayaan bagi para pelanggan karena jika kepercayaan itu hilang maka sangat berdampak buruk pada kredibilitas usaha online Anda.