Tips Cara Memilih Asuransi Kendaraan Yang Paling Tepat

Asuransi kendaraan bermotor berupa mobil dan motor bukan merupakan fenomena baru di masyarakat. Asuransi ini bertujuan melindungi sebaik-baiknya atas asset termahal yang kita miliki. Namun anda juga harus memperhatikan cara memilih asuransi kendaraan yang baik agar tidak merugikan diri anda sendiri di kemudian hari.

Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Tips dan cara memilih asuransi kendaraan ini perlu anda ketahui untuk menentukan perusahaan pemberi jasa asuransi mana yang baik untuk anda gunakan, untuk meilndungi mobil dan motor yang berharga milik anda. 

Walaupun penggunaan asuransi ini sudah sangat familiar, anda harus tetap cermat dan berhati-hati saat memilih jasa polis asuransi tersebut. Simaklah beberapa ulasan berikut tentang tips cara memilih asuransi kendaraan yang paling tepat berikut ini :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Mempertimbangakan kondisi kendaraan anda untuk menentukan layanan polis asuransi yang cocok dengan kebutuhan anda meliputi kondisi mesin mobil, kondisi body mobil, dan berapa lama umur kendaraan tersebut.

Tentu dengan pemahaman kendaraan yang benar anda bisa memutuskan dalam penggunaan asuransi ini benar sesuai kebutuhan atau tidak. Ada dua jenis asuransi yang bisa anda pilih yaitu:
  • Asuransi all risk : jenis asuransi ini akan menanggung semua resiko yang akan terjadi pada kendaraan anda, baik karena kecelakaan kecil maupun kecelakaan berat.
  • Namun dalam asuransi selalu ada pengecualian dan ini yang harus benar-benar anda pahami agar tidak merasa tertipu di kemudian hari.
  • Asuransi total lost only: asuransi jenis ini hanya menanggung kerusakan lebih dari 75 persen. Jadi jika terjadi kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan, pengrusakan dan tindak criminal lainnya tidak di jamin oleh asuransi ini.


2. Mengetahui kelebihan apa saja yang ditawarkan
Dari berbagai asuransi kendaraan yang ada saat ini, pasti mereka menawarkan produk-produk andalan untuk para calon kliennya. Pilihlah dan pelajari apa keunggulan masing masing pilihlah yang paling menguntungkan untuk menjamin kendaraan anda.

3. Lakukan survey dan lakukan perbandingan
Hanya memperoleh satu sumber informasi polis asuransi tentunya kurang efektif karena memang banyak sekali penawaran polis asuransi di luar sana. Membuat perbandingan dengan melakukan survey produk yang ditawarkan oleh perusahaan polis asuransi saat ini tidak terlalu sulit dilakukan karena perusahaan mereka sudah memiliki website resmi mereka.

Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa mendatangi kantor satu persatu dan bandingkan mana diantara perusahaan itu yang paling baik dan yang sesuai untuk kebutuhan kendaraan anda.

4. Mempertimbangkan pemasukan dan keuangan anda
Bentuk perlindungan atas kendaraan yang diberikan oleh polis asuransi tentu berbanding lurus dengan premi yang anda bayarkan. Semakin besar premi yang anda berikan, maka akan semakin besar pula perlindungan yang bisa anda dapatkan dan begitu sebaliknya.

Namun pikirkan sekali lagi apakah dengan menggunakannya akan baik dengan kondiisi keuangan anda.

5. Rekomendasi dari dealer bisa menjadi pertimbangan yang utama
Pada saat anda membeli mobil di sebuah dealer, biasanya anda akan mendapatkan jasa asuransi yang telah dipercayai oleh dealer tersebut.