Bisnis Laundry Sepatu, Per Bulan Bisa Untung Puluhan Juta

Bagi sebagian orang, bisnis laundry sepatu mungkin masih terdengar asing. Namun dikota – kota besar, telah muncul bisnis laundry sepatu yang nyata nyata memiliki keuntungan yang tidak sedikit. Munculnya waralaba laundry sepatu ini seiring tumbuhnya trend sepatu sneaker yang muncul beberapa tahun yang lalu dan semakin berkembang hingga saat ini. Penyedia jasa laundry sepatu hanya bermodalkan beberapa jenis peralatan serta sabun cuci sepatu. Ini pun bisa menggunakan produk lokal yang telah mendapat kepercayaan sebagaian besar pelanggan. 

Bisnis Laundry Sepatu

Tidak harus menggunakan produk sabun cuci sepatu merek import untuk mendapatkan sepatu yang kembali bersih, kinclong dan awet. Sedikit demi sedikit masyarakat telah percaya pada para penyedia jasa bisnis laundry sepatu untuk memakai produk sabun cuci sepatu bahan lokal lainnya.

Munculnya bisnis laundry sepatu tidak terlepas dari perbaikan tingkat ekonomi masyarakat khususnya untuk kota – kota besar dimana mereka tidak segan – segan mengoleksi sepatu bergengsi dan berharga mahal. Salah satunya adalah sepatu sneaker limited edition. 

Harga yang tidak murah ini membuat orang tidak mau mengambil resiko jika sepatunya nantinya bisa rusak karena kesalahan dalam mencuci yang dilakukan sendiri. Inilah alasan yang membuat sebagian orang rela mengeluarkan uang demi mendapatkan sepatunya dalam kondisi yang baik serta awet dipakai tanpa kerusakan saat melakukan pembersihan.

Meskipun sepatu yang masuk ke laundry sepatu rata – rata memiliki harga yang terbilang mahal, namun para penyedia jasa tetap mematok harga dari cuci sepatu ini dengan tarif yang masuk akal atau sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Ini juga merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh para pemilik bisnis laundy sepatu guna selalu mendapatkan pelanggan tetap.

Menurut salah satu pemiliki bisnis laundry sepatu, membersihkan sepatu tidaklah mudah. Lebih sulit membersihkan sepatu daripada membersihkan baju. Hal ini disebabkan setiap bagian sepatu memiliki bahan yang berbeda yang membuat harus membersihkan setiap bagian dengan bahan dan alat yang berbeda.

Penanganan yang dilakukan saat membersihkan sepatu juga harus dilakukan dengan cara hati – hati dan cermat. Hal ini dikarenakan sepatu tersebut menggunakan bahan – bahan yang berkualitas seperti kulit asli, suede serta kanvas yang berkualitas tinggi.

Dalam membersihkan sepatu tersebut, bisa memakan waktu yang cukup lama. Hal ini karena proses pembersihan yang membutuhkan kecermatan. Saat membersihkan sepatu, bisa menggunakan jenis sikat yang berbeda – beda. Bahkan bisa menggunakan 3 sikat berbeda untuk membersihkan 1 sepatu. Untuk membersihkan sepatu tersebut menggunakan microfiber towel. Hal inilah yang membuat pengerjaan membersihkan sepatu menjadi cukup lama.

Dari salah satu pemilik bisnis laundry sepatu, mereka dapat menerima 300 pasang sepatu dalam sebulan dimana jasa cuci per sepatu dibanderol dengan harga sekitar Rp.75.000 atau jika kita total dapat mencapai angka 25 juta perbulan.

Berikut beberapa outlet laundry sepatu di Jakarta :

1. Sneaklin

Sneaklin memiliki 5 outlet yakni di Bandung, Pondok Indah, Pasar Santa, Sonopati, dan Bekasi. Sneaklin juga menerima pelayanan dari seluruh Indonesia. Anda dapat mengirimkan sepatu ke Sneaklin kemudian jika selesai maka Sneaklin akan mengirimkan ke tempat Anda.

Semua Sneaker dengan bahan canvas, seuede, nubuck, authentic leather dan synthetic leather dapat dibersihkan di outlet ini.

Alamat Sneaklin :
  • Pasar Santa : no.A.Lo1 AKS 29- A.L01 AKS 30
  • Senopati : Jalan Birah, Blok-s nomor 10 
  • Bandung : Jalan Ariajipang no.1-3 blok C43 Dipajunction
  • Pondok Indah : Jalan Gedung Hijau Raya nomor 74
  • Bekasi : Jalan  Boulevard Raya Blok AA1, nomor 24A, ruko Taman Galaxi Park, Jakasetia, Bekasi Selatan


2. Shoe Bible

Shoe Bible juga berlokasi di Pasar Santa dan menerima semua Sneaker seperti Sneaklin. 
Ciri khas dari Shoe Bible adalah pembersih dari sepatu yang menggunakan bahan alami dari minyak bunga matahari dan kelapa sehingga aman digunakan pada sepatu – sepatu favorit.

Alamat Shoe Bible :
Pasar Sanata, Lt 1 Blok AKS 108, Jl. Cipaku 1 Kebayoran Baru, JAKSEL.

3. Rockickz
Satu lagi oulet laundry sepatu di lokasi Pasar Santa yakni Rockickz. Outlet laundry sepatu sang satu ini menawarkan custom paint yang membuat sneakers anda menjadi lebih mengkilap.

Alamat Rockickz :
Pasar Santa Blok A.L00 BKS 33-35

4, Shoes & Care

Shoes & Care ini ada di kota Yogyakarta dan membuka cabang di Jakarta. Salah satu Service yang di tawarkan outlet laundry yang satu ini yakni quick clean yang akan membersihkan sepatu kesayangan Anda dalam waktu 15 – 30 menit saja.

Bagi para wanita, jangan kawatir, karena Shoes & Care memberikan layanan laundry sepatu untuk wanita.

Alamat Shoes & Care : Jl. Mendawai 1, Nomor 78 A, Blok M Kebayoran Baru, JAKSEL.

Nah ternyata bisnis laundry sepatu memiliki prospek yang bagus terutama untuk kota – kota besar. Seiring waktu dengan meningkatnya perekonomian Indonesia yang semakin baik serta mobilitas setiap orang yang tinggi, maka waralaba laundry sepatu bisa saja semakin berkembang.