Mengenal Asuransi Kesehatan untuk Ibu Melahirkan atau Asuransi Persalinan

Apakah anda pernah mengenal asuransi kesehatan untuk ibu melahirkan atau asuransi persalinan? Jika menurut anda, apakah perlu seorang ibu untuk memanfaatkan jasa asuransi persalinan ini? Menurut kami asuransi ini bisa sangat diperlukan oleh ibu melahirkan. Karena seorang ibu akan menaruhkan nyawanya saat proses persalinan tersebut.

Mengenal asuransi kesehatan untuk ibu melahirkan itu sangat perlu bagi anda, karena kita tahu proses persalinan selalu memiliki resiko sangat tinggi baik untuk anak atau ibunya. Dengan mempertimbangkan resiko tersebut, tidak ada salahnya untuk memberikan perlindungan kepada sang ibu dan anak dengan asuransi persalinan ini. Ada beberapa pilihan perusahaan yang menyediakan jasa auransi persalinan seperti BPJS kesehatan atau produk-produk lain dari beberapa perusahaan asuransi di Indonesia.

Baiklah mari kita bahas lebih dalam tentang asuransi kesehatan untuk ibu meahirkan atau asuransi persalinan berikut ini:

A. Asuransi kelahiran atau asuransi persalinan BPJS

BPJS bisa memberika solusi pelayanan kebidanan dan perlindungan setelah melahirkan. Pelayanan kebidanan ini meliputi menjamin dan melindungi proses kehamilan sebelum persalinan, saat persalinan, pemeriksaan setelah prosesi kelahiran, penanganan pasca keguguran dan pelayanan KB pasca salin serta komplikasi ( pada saat kehamilan, persalinan, nifas dan KB pasca salin).

asuransi kesehatan untuk ibu melahirkan

Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat ke satu di tempat yang telah terdaftar di kartu BPJS kesehatan atau jaringannya. Pemeriksaan PNC dan ANC bisa dilakukan ditempat yang sama, kecuali dalam keadaan darurat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pencatatan partograf, monitoring kesehatan kehamilan, keteraturan dan memudahkan klaim administrasi BPJS kesehatan.

Prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat ke satu:

1. Pasien harus membawa kartu BPJS kesehatan
2. Pasien harus mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama terlebih dahulu
3. Pasien akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Faskes tingkat pertama, namun jika di fasilitas tingkat pertama tidak memadahi untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, maka dokter akan memberikan rujukan untuk ke faskes tingkat selanjutnya.

Prosedur pelayanan di Fasilitas Kesehatan tingkat lanjut
1. Membawa surat rujukan dari dokter faskes tingkat pertama
2. Pasien membawa surat rujukan dan kartu BPJS kesehatan
3. Pasien mendapatkan Surat Elijibilitas Peserta (SEP) di Rumah Sakit
4. Pasien mendapat pelayanan keshatan

Jika pasien membutuhkan tindakan USG, operasi Caesar, dan tindakan medis lain jika disarankan dokter, maka biaya akan ditanggung oleh BPJS kesehatan.

B. Auransi melahiran atau persalinan dari perusahaan asuransi swasta

Di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan perusahaan-perusahaan asuransi dan banyak juga yang menawarkan produk asuransi melahrikan atau asuransi  persalinan untuk ibu hamil. Pada umumnya produk asuransi yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi swasta dibedakan menjadi dua yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unitlink.

Perlu anda pahami jika setiap produk asuransi memiliki kelebihan-kelebihan yang ditawarkan untuk menarik calon nasabahnya, oleh sebab itu pilihlah produk asuransi yang benar-benar anda butuhkan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa referensi tentang produk asurasni dari beberapa perusahaan asuransi swasta. Kami tidak bermaksut untuk promosi, berjualan atau mengiklan produk tersebut. Berikut ulasannya:

1. Smart Health Maxi Violet – Auransi kesehatan dari Allianz Indonesia
Pada dasarnya produk smart health maxi violet ini adalah produk perlindungan asuransi kesehatan untuk ibu melahirkan. Manfaat yang diberikan produk asuransi ini adalah untuk proses keahiran normal, tambahan untuk persalinan abnormal, melahirkan dengan proses pembedahan atau Caesar, resiko keguguran yang legal dan proses sebelum dan sesudah kelahiran. Sistem asuransi yang ditawarkan ini memiliki masa tunggu selama 280 hari, maksutnya adalah perusahaan asuransi akan memberikan klaim jika sudah memiliki masa tunggu selama 280 hari.

2. PruMyChild – Asuransi jiwa unitlink dari Prudential Indonesia
PruMychild adalah asuransi unitlink(produk proteksi dan investasi) yang memberikan perlindungan jiwa kepada calon bayi dan ibu selama masa kehamilan, perawatan di Incubator/ ICU/ HDU untuk bayi, perlindungan untuk kelainan bawaan bayi, perlindungan atas jiwa anak jika meninggal dunia dan atau mengalami kecacatan permanen.

Demikian pembahasan kami tentang asuransi asuransi kesehatan untuk ibu melahirkan dan persalinan, baik untuk ibu atau untuk anak. Sangat penting bagi kita untuk melakukan persiapan yang matang sebelum menjalani proses persalinan baik secara mental ataupun secara finansial. Biaya untuk persalinan memang bisa dibilang cukup mahal untuk ukuran ekonomi masyarakat Indonesia pada umumnya, namun dengan BPJS kesehatan dan asuransi perusahaan swasta akan memberikan kemudahan dalam prosesi persalinan tersebut.