Tips Menjalankan 3 Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

Beberapa peluang usaha sampingan yang menjanjikan akan kami kabarkan kepada Anda sebagai ide untuk memulai sebuah bisnis sampingan namun memiliki keuntungan yang tidak bisa diremehkan. Mencari peluang bisnis atau usaha yang menjanjikan memang tidak mudah. Terkadang kita juga membutuhkan beberapa strategi seperti melalui riset pasar terlebih dahulu serta pertimbangan lainnya, terutama pemilihan tempat.

Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

Namun dibalik itu semua, bisnis sampingan akan sangat menguntungkan jika kita memiliki keahlian atau ketrampilan tertentu yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Ini merupakan salah satu modal dan kelebihan untuk memulai suatu usaha sampingan yang pastinya memiliki keuntungan dan menjanjikan bagi masa depan Anda dalam berbisnis.

Nah berikut beberapa peluang usaha yang semoga menjadi inspirasi dan ide bisnis bagi Anda semua.

1. Toko parsel
Membuka toko parsel memiliki keuntungan tersendiri. Disamping tidak terlalu banyak orang yang membuka toko parsel, untuk membuat usaha parsel dibutuhkan ketrampilan dan keahlian tertentu. Inilah yang kami maksudkan bahwa memiliki keahlian atau ketrampilan tertentu bisa dijadikan sumber penghasilan.

Sebelum memulai bisnis membuat parsel, beberapa persiapan harus dilakukan seperti menyiapkan kreasi parsel dimana Anda tentu sudah memiliki bekal terlebih dahulu tentang merangkai parsel yang cantik. Dengan keahlian Anda sebelumnya maka tidak akan sulit di dalam memulai membuat kreasi parsel.

Selanjutnya persiapan bahan termasuk mencari produsen keranjang parsel serta segala asesorisnya. Selain itu kita juga menentukan jarak mengantar parsel yang dapat kita sanggupi sehingga nantinya tidak ada komplain dari para pelanggan.

Strategi bisnis
Strategi bisnis yang dilakukan adalah dengan mencoba menawarkan parsel ke beberapa tetangga terlebih dahulu . Ajaklah mereka untuk menawarkannya ke kerabat atau saudara mereka jika suatu saat membutuhkan.

Membuat brosur dan usahakan untuk menampilkan hasil karya parcel terbaik Anda di brosur. Desain brosur semenarik mungkin dan berikan ke kantor – kantor di sekitar tempat tinggal Anda. 

Selain itu, kita juga dituntut untuk selalu berkreasi dengan model – model parsel terbaru. Bisa memanfaatkan momen – momen tertentu, misal saat Idul Fitri maka kreasi harus memberikan kesan hari raya idul fitri. Hari Natal, bisa memberikan kesan dengan warna serta nuansa Natal dsb.

Selain itu perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari bahan – bahan yang ada pada parsel.

Hambatan bisnis Parcel
Peluang usaha parsel ini boleh dibilang musiman, sehingga tentunya pemasukan tidak setiap saat kita peroleh. Namun sebagai usaha sampingan, tentu membuka usaha parsel menjadi pilihan yang menjanjikan karena tidak akan terlalu menggangu pekerjaan pokok kita.


Tips sukses menjalankan usaha sampingan parsel

Agar lebih menarik bagi para peanggan, berikan fasilitas antar gratis untuk batas jarak tertentu. Selain itu buat kreasi parsel semenarik mungkin atau lebih baik dari pesaing Anda.

Selain itu, Anda dapat melakukan kerjasama dengan toko – toko kue atau biscuit sehingga kemungkinan mendapatkan pesanan pelanggan parsel meningkat.

2. Membuka toko aksesori wanita
Peluang usaha sampingan lainnya yakni membuka usaha toko aksesori bagi kaum wanita. Usaha ini bisa berkembang terus jika kita memiliki strategi bisnis yang tepat. Kebutuhan aksesori wanita bisa dibilang wajib untuk menunjang penampilan mereka agar lebih menarik. Namun kita harus jeli di dalam memilih aksesori yang sedang banyak diminati oleh kaum hawa.

Tips menjalankan bisnis aksesori wanita
Kita harus memilih toko grosir aksesori yang memiliki barang berkualitas serta harga yang bersaing. Untuk menarik calon pembeli kita harus mempersiapkan tempat aksesori serta menata toko senyaman dan semenarik mungkin.

Hambatan di dalam memulai bisnis ini adalah telah banyak yang membuka toko aksesori wanita. Bahkan toko – toko besar sudah tersebar di berbagai kota khususnya kota – kota besar.


Tips sukses usaha sampingan toko aksesori wanita

Kiat – kiat sukses melakukan bisnis ini adalah selalu update model – model baru yang sedang banyak digandrungi oleh kaum wanita. 

Kiat lain seperti melakukan promosi dengan brosur serta promosi secara online dapat menambah jumlah pelanggan ke toko Anda.

Pelayanan ramah dan selalu memberikan masukan kepada pelanggan jika mereka membutuhkan. Ini akan memberikan kesan mendalam bagi para pelanggan, walaupun cara ini mungkin terlihat sepele.

Kiat sukses peluang usaha toko aksesoris wanita lainnya adalah selalu melengkapi koleksi aksesori wanita. Berikan harga yang kompetitif sehingga mereka tidak memiliki pilihan lain untuk membeli selain di toko Anda.

3. Agen gas elpiji
Saat ini, gas elpiji menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia sebagai sumber bahan bakar untuk memasak. Peluang bisnis agen gas elpiji bisa dijadikan alternatif terbaik untuk mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan.  Bisnis ini juga menjanjikan karena kebutuhan gas elpiji merupakan kebutuhan pokok.

Kita bisa memulai dengan mendatangi agen gas elpiji dan kita menyiapkan dana sebagai jaminan untuk pasokan gas ke tempat kita.

Kita juga diharuskan untuk selalu mengecek tabung gas, apakah tabung gas tersebut sesuai dengan kualitas atau tidak.

Kiat memulai menjadi agen gas elpiji
  • Bekerja sama dengan warung sekitar untuk menjadi supplier gas di warung mereka
  • Persiapkan tempat untuk menyimpan gas dengan memperhatikan tingkat keamanan
  • Jika perlu rekrut karyawan
  • Pilihlah tabung gas yang masih terlihat baik
  • Tentukan harga sesuai dengan standar / harga yang ditetapkan pemerintah

Hambatan yang sering terjadi adalah stok yang kadang datang tidak tepat waktu atau gas elpiji habis sehingga bisa terjadi antrean dan menjadikan suasana yang kurang kondusif.

Nah itulah 3 peluang usaha sampingan yang menjanjikan serta tips menjalankannya. Sebenarnya masih banyak peluang bisnis sampingan yang menguntungkan di masa depan. Beberapa peluang usaha seperti ternak hewan, kuliner atau makanan, bisnis berdasarkan hobi serta ide usaha kreatif lainnya bisa Anda coba, apalagi Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa menghasilkan uang. Semoga menambah inspirasi dan ide bisnis Anda semua.