Peluang Usaha Rumahan Kuliner Nasi Uduk, Modal kecil Untung Besar

Peluang usaha rumahan kuliner nasi uduk bisa Anda coba sebagai bisnis sampingan dikala hari libur, atau Anda menjual tiap pagi hari. Kebanyakan kuliner nasi uduk dijual pada pagi hari. Usaha ini terbilang menjanjikan, karena bisa dibilang modal yang dikeluarkan relatif kecil namun memiliki keuntungan yang besar.

 Peluang Usaha Rumahan Modal kecil Untung Besar
Nasi uduk

Usaha rumahan nasi uduk menjadi salah satu usaha yang memiliki modal relatif kecil karena bahan bakunya yang tidak terlalu sulit dicari. Bahan baku utama berupa nasi ini sangat mudah untuk kita dapatkan, dan merupakan bahan baku yang memiliki harga yang relatif stabil, tidak teralu sering mengalami kelonjakan harga.

Nasi uduk juga menjadi sarapan yang sangat akrab bagi lidah masyarakat Indonesia. Sangat nikmat jika di sajikan di pagi hari. 

Jika Anda ibu – ibu ingin membuka usaha rumahan nasi uduk, dan sebelumnya telah memiliki pengalaman atau ketrampilan di dalam membuat nasi uduk, maka ini adalah modal yang sangat berarti untuk memulai bisnis rumahan ini.

Anda tinggal bereksperimen untuk membuat nasi uduk yang lezat serta memiliki ciri khas yang membedakan dengan masakan lain.

Usaha rumahan ini hanya Anda jalankan di pagi hari saja karena masakan ini  cenderung lebih nikmat di santap buat sarapan pagi. Jadi Anda memiliki waktu luang disiang sampai sore hari.

Peluang Usaha Rumahan Modal kecil Untung Besar
Nasi uduk ala betawi

Peluang  usaha rumahan modal kecil dengan membuka warung nasi uduk

A. Tahap persiapan
Mempersiapkan masakan nasi uduk, tes apakah sudah memiliki rasa yang enak atau tidak.

Usahakan nasi uduk buatan Anda memiliki ciri khas yang tidak dimiliki warung lain

Lakukan survey terlebih dahulu di daerah sekitar Anda / di kota Anda. Belilah nasi uduk mereka, dan Anda dapat merasakan nasi uduk pesaing Anda serta mengetahui harga mereka. Jika Anda bisa membuat nasi uduk lebih lezat dan lebih murah, maka bisa dipastikan nasi uduk buatan Anda akan lebih sukses terjual.

Persiapkan peralatan masak untuk memasak nasi uduk. Peralatan masak hanya menggunakan peralatan sehari – hari Anda di rumah, jadi tidak perlu repot repot untuk membeli pealatan masak baru.

Namun jika ingin berjualan di tepi jalan / kaki lima, maka perlu tempat  untuk lauk pauk serta nasi uduk. Selain itu tentunya butuh meja untuk menaruh makanan yang mau kita jual.

Mempersiapkan lauk – pauk pendamping, rencanakan apa saja lauk pauk yang sesuai dengan lidah masyarakat dan cocok untuk pendamping nasi uduk. Buat rasa yang khas dan seenak mungkin.

Menyediakan tempat berjualan nasi uduk. Tempat usaha ini bisa dengan memasang tenda atau tanpa tenda. Karena kita hanya berjualan di pagi hari saja, sebaiknya kita tidak memasang tenda.

Jika Anda bisa berjualan dirumah, karena rumah Anda dirasa strategis, maka tentunya ini lebih praktis lagi.

B. Strategi bisnis
Membuat masakan nasi uduk yang enak dengan lauk pauk yang khas. Anda dapat menyediakan berbagai macam lauk, sehingga pelanggan bisa memilih lauk apa saja yang akan dibelinya. Ini merupakan strategi untuk menarik pelanggan setia.

Jika berjualan di tepi jalan, pilihlah tempat yang bersih, nyaman dan mudah dilihat orang / merupakan jalur ramai yang banyak diakses oleh orang – orang terutama di pagi hari. Anda dapat memilih tempat dimana orang – orang berjualan berkumpul dan mengambil tempat disana.

Selalu utamakan kebersihan dari masakan Anda. Masakan yang terlihat bersih akan menarik para pembeli. Sebaliknya jika masakan kita tidak terlihat bersih dan menarik maka kesan pertama orang membeli akan kurang antusias pada nasi uduk kita.

C. Hambatan
Hambatan di dalam menjalankan usaha kuliner nasi uduk adalah jika nasi uduk tidak laku pada hari itu, maka akan terbuang sia – sia. Selain itu kita harus bisa bersaing dengan sesama penjual nasi uduk. Kita tidak boleh kalah dari segi rasa masakan. Jika rasa masakan kita tidak bisa mengimbangi pesaing kita, maka akan sangat sulit untuk menjual nasi uduk kita. Meski begitu kita bisa memberikan kelebihan lain, misal porsi yang sedikit lebih banyak, lauk yang lebih lengkap dll.

D. Tips menjalankan usaha nasi uduk
Agar sukses menjalankan usaha nasi uduk, maka kita harus membuka masakan nasi uduk kita lebih awal. Berikan harga yang kompetitif. Selalu memantau rasa masakan kita, jika dirasa masih kurang enak dan kalah dari pesaing kita, maka perlu melakukan uji coba membuat masakan nasi uduk lagi. Ini dilakukan di tahapan awal saja. Hal ini untuk menghindari perubahan rasa masakan sehingga tidak membingungkan para pelanggan nantinya.

Selain itu, sediakan minuman gratis bagi pelanggan. Air putih gratis bisa menjadi alternatif praktis untuk membuat orang betah menikmati masakan nasi uduk di tempat Anda berjualan.

Harga nasi uduk Anda harus kompetitif. Bahkan akan lebih bagus lagi jika lebih murah dari pesaing meskipun selisihnya sedikit.

Nah itulah kiat sukses dalam menjalankan jualan nasi uduk. Peluang usaha rumahan nasi uduk ini cukup menjanjikan dan hanya memerlukan modal kecil, namun untung bisa berlipat – lipat. Semoga menambah ide bisnis Anda.