Peluang Usaha Ice Cream Rumahan Campina, Panduan Bisnis Modal kecil

Es merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca terik disiang hari. Atau saat sore hari dengan cuaca yang panas, membuat banyak orang, tidak hanya anak – anak, namun orang dewasa juga sangat menyukai aneka rasa ice cream. Peluang usaha ice cream rumahan dapat Anda jadikan bisnis dengan modal kecil. Kita bisa memulai usaha ice cream ini dengan sistem semi franchise. 

Peluang Usaha Ice Cream Rumahan Campina, Panduan Bisnis Modal kecil


Paket usaha ice cream Campina (semi Franchise)
Campina sebagai produsen es krim rumahan tidak mau terlalu sibuk untuk mengurusi gerai kecil dari beberapa agen yang menginginkan sistem frenchise. Campina sebagai produsen es krim skala industri rumahan membuka peluang usaha kepada masyarakat yang menginginkan kerja sama dengan sistem frenchise.

Bagi Anda yang berminat, tinggal menyiapkan modal berkisar 3 sampai 5 jutaan untuk memulai bisnis ini. Data tersebut dipersiapkan untuk menyiapkan gerai yang diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar 2 jutaan, atau mungkin lebih.

Anda juga akan mendaptkan tempat mungil serta mendapatkan pinjaman kotak pendingin es dari Campina. Beberapa sisa uang yang masih ada akan digunakan sebagai jaminan jika nantinya Anda tidak menjadi mitra usaha dari produsen es krim Campina ini.

Sistem semi frenchise ini terbilang cukup menguntungkan karena dengan membuka peluang usaha ice cream rumahan Campina  ini maka Anda tidak akan dipungut biaya royalty atau biaya waralaba. Tentu ini menjadi keuntungan karena kita menjual es krim dengan merek terkenal namun tanpa royalty.

Memulai usaha jual ice cream
1. Menentukan lokasi
Hal yang paling penting adalah menentukan lokasi usaha. Jika rumah Anda banyak dilewati orang, anak – anak sekolah, mahasiswa, maka beruntunglah Anda. Karena menjual ice cream ini haruslah ditempat yang strategis, banyak anak – anak yang lewat serta lokasi terlihat atau tidak tertutup oleh penghalang yang menyulitkan orang untuk mengakses tempat jual es krim kita. 

Jika rumah Anda tidak strategis, apa boleh buat, Anda harus mencari lokasi tempat yang banyak orang melewatinya dan benar – benar mudah diakses. 

2. Menyiapkan dana sewa tempat
Jika rumah kita tidak strategis / tidak memungkinkan kita dapat menyewa tempat. Namun sangat dianjurkan untuk tidak menyewa tempat lebih dari biaya 1 juta perbulan. Hal ini tentunya agar Anda mendapat keuntungan. Meski harus memilih lokasi yang terbilang strategis dan bersih, pihak Campina juga tidak akan melakukan survey lokasi. Meski begitu, pemilihan lokasi menjadi faktor utama untuk memulai peluang usaha es krim Campina dimana nantinya akan mendukung meningkatnya penjualan ice cream Campina kita.

Tempat seperti dekat dengan sekolah dan kantor, terminal, bandara, mini market menjadi tempat – tempat strategis untuk menjual ice cream.

3. Kreatif
Pihak Campina juga tidak membatasi Anda untuk kreatif dalam menyajikan es krim per cone atau per cup. Kita bisa berkreasi untuk menambah stroberi, wafer ataupun menambah cookies diatas es krim kemudian menjualnya dengan harga berlipat. Misal harga per cone / per scoop / per cup Rp.3000, maka jika ditambah wafer / strawberry / cookies maka bisa dijual dengan harga Rp.5000 atau Rp.6000. Tentu ini akan menjadi statergi untuk menaikkan pendapatan.

Dengan cara – cara kreatif ini, maka penjualan es krim akan menjadi meningkat karena orang akan mendapatkan banyak pilihan rasa.

Berikut contoh simulasi usaha ice cream Campina dimana dalam waktu 3 bulan, modal sudah ada ditangan kembali.

A. Modal awal 
Peralatan : Rp2.000.000
Jaminan : Rp.1.000.000

Total modal : Rp.3.000.000

B. Pengeluaran dalam sebulan
40 kota es krim 5 liter @Rp.60.000 : Rp.2.400.000
Gaji penjaga gerai 2 orang @Rp.750.000 : Rp.1.500.000
Sewa tempat : Rp.1.000.000
Lain – lain (cone, cup dan air) 2& sales : Rp.120.000

Total pengeluaran sebulan : Rp.5.020.000

C. Pemasukan sebulan
Penjualan 2400 cup @Rp.2.500  Rp.6.000.000

Keutungan :
Rp.6.000.000 – Rp. Rp.5.020.000= Rp.980.000

Balik modal : Rp.3.000.000 : Rp.980.000 = 3 bulan.

Nah itulah panduan di dalam memulai peluang usaha ice cream rumahan Campina, dengan modal yang tidak terlalu besar, jika penjualan sesuai dengan perhitungan artinya mencapai target maka akan menjadikan keuntungan yang tidak sedikit. Semoga menginspirasi untuk menambah ide bisnis Anda.



Sumber : 25 Peluang Usaha Mendulang Uang, Agnes Yo, 2007