Konsep dan Analisa Modal Usaha Barbershop

Peluang bisnis - Bagi Anda yang ingin dan tertarik di dalam membuka modal usaha barbershop, beberapa hal harus terlebih dahulu dilakukan. Salah satu diantaranya adalah analisa usaha. Dibutuhkan modal di dalam memulai setiap usaha, begitu juga bisnis membuka barbershop atau jasa cukur rambut. Konsep usaha barbershop sendiri bisa dengan cara merekrut karyawan ahli di dalam melakukan cukur rambut dan perawatan rambut atau Anda sudah mahir di dalam melakukan potong rambut.

Konsep dan Analisa Modal Usaha Barbershop

Jika Anda sudah mahir atau bahkan sudah memiliki pengalaman mencukur rambut dikarenakan pernah mengikuti kursus potong rambut maka itu menjadi keuntungan tersendiri. Anda dapat memulainya dengan usaha rumahan dulu membuka jasa potong rambut.

Meski dalam skala rumahan dan Anda melakukannya sendiri, namun diusahakan untuk mengedepankan pelayanan dan mutu yang profesional. Ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan rasa puas bagi pelanggan Anda, sehingga mereka akan tetap menjadi pelanggan setia Anda.

Untuk Anda yang memiliki modal lebih, maka dapat membuka jasa barbershop dengan merekrut beberapa karyawan yang sudah ahli di dalam memotong rambut. Dengan cara ini kita tinggal menyiapkan modal, peralatan barbershop serta memilih tempat yang strategis. Selain itu kita juga perlu melakukan promosi baik dengan harga promosi atau dengan memperkenalkan jasa barbershop baru milik Anda.

Plus minus membuka jasa potong rambut
Beberapa kelebihan usaha barbershop adalah modal yang dikeluarkan relatif tidak besar, jika kita memiliki ketrampilan potong rambut maka dapat jauh menghemat biaya dan peralatan tidak begitu banyak dan mahal. Selain itu, potong rambut adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena menyangkut penampilan dan kerapian dari seseorang.

Kekurangan usaha barbershop adalah sudah banyak orang melakukannya atau sudah banyak yang membuka usaha jasa potong rambut. Selain itu, terkadang kita sulit untuk mencari tenaga ahli dalam menjalankan potong rambut. 

Modal usaha barbershop

Sebelum kita memulai bagaimana menjalankan bisnis atau usaha barbershop ini, kita ketahui dulu modal usaha barbershop. Ini khusus bagi Anda yang membuka usaha barbershop dengan menggunakan karyawan 2 orang.

A. Modal untuk pembelian peralatan barbershop (pengeluaran 1 kali) : Rp.6.000.000

B. Biaya operasional perbulan :
  • Sewa tempat : Rp.1.500.000
  • Bahan yang dibutuhkan sehari hari + perawatan alat  : Rp.2.000.000
  • Gaji karyawan 2 orang @Rp.800.000  : Rp.1.600.000
  • Listrik + air / bulan : Rp.200.000
  • Total pengeluaran perbulan : Rp. 5.300.000


Pendapatan perbulan :
  • Harga jasa potong rambut per hari :
  • Misal : 20 orang / hari X Rp.15.000 (harga jasa potong rambut) = Rp.300.000/hari
  • Pendapatan perbulan : Rp.300.000 x 30 hari = Rp.9.000.000


Laba perbulan : Rp.9.000.000 – Rp.5.300.000 = Rp.3.700.000

Nah, dengan simulasi analisa usaha barbershop diatas, maka kita akan balik modal (modal pembelian peralatan sebesar Rp.5.300.000) dalam waktu yang singkat yakni 2 – 3 bulan saja. 

Peralatan barbershop yang dibutuhkan

Beberapa peralatan barbershop yang dibutuhkan seperti : Kursi pangkas rambut, meja dan lemari tempat menyimpan peralatan potong rambut, cermin (bisa diakali dengan meja berlaci yang memiliki cermin), kipas angin, peralatan cukur (termasuk gunting, sisir, silet, kuas + peralatan pendudukung seperti kain penutup,alat semprot rambut, dll)

Untuk bahan yang digunakan seperti bedak serta sampo jika perlu.

Tips agar usaha barbershop sukses

Utamakan pelayanan
Pelayanan kepada konsumen sangat penting untuk membuat  para pelanggan tidak segan – segan kembali ketempat Anda. Pelayanan yang ramah, tempat yang bersih dan nyaman sangat menentukan di dalam keberhasilan melakukan usaha barbershop. Jangan segan – segan untuk mengajak ngobrol pada beberapa konsumen. Pendekatan ini akan menimbulkan kesan yang dalam, meskipun cara ini terlihat sepele.

Konsep dan Analisa Modal Usaha Barbershop

Lakukan promosi
Jika Anda membuka bisnis barbershop, maka saat pertama kali hal yang tidak bisa dilupakan adalah melakukan promosi. Usahakan mencantumkan harga promo yang mudah. Misal dalam 30 hari Anda memberikan harga spesial. Jika harga standar potong rambut di kota Anda 10 ribu, untuk harga promosi dalam sebulan Anda dapat membanderol dengan harga 7ribu. Setelah harga promo maka harga normal tetap bisa lebih murah dari barbershop lain, misal 8 atau 9 ribu. Dengan cara ini, maka usaha barbershop Anda memiliki nilai plus.

Ikuti trend gaya / model rambut
Para karyawan Anda diharuskan untuk dapat mengikuti trend gaya rambut. Karena sebagaian besar anak muda akan selalu meniru gaya rambut yang sedang populer. Jika kita bisa memberikan hasil potong rambut yang memuaskan para pelanggan, maka mereka pasti akan menjadi pelanggan setia barbershop Anda. Kalau perlu tempel poster atau gambar model rambut yang sedang populer akan lebih menarik konsumen.

Nah itulah kiat di dalam memulai usaha barbershop dengan sebelumnya telah kita siapkan dulu modal usaha barbershop. Dengan analisa modal dan tips memulai bisnis barbershop ini, maka diharapkan dapat memberikan petunjuk untuk membuka usaha barbershop dengan sukses.