3 Langkah Jitu Untuk Menciptakan Ide Bisnis Industri Kreatif Yang Menjanjikan

Memiliki usaha yang berkembang dengan sukses tidak hanya dilakukan dengan mengandalkan modal yang besar, namun anda juga harus mengetahui langkah jitu untuk menciptakan ide bisnis baru dalam industri kreatif. Karena banyak sekali perusahaan bisa tumbuh besar yang bermula dari keunikan ide yang mereka miliki dan bersifat baru.

3 Langkah Jitu Untuk Menciptakan Ide Bisnis Industri Kreatif Yang Menjanjikan

Banyak juga para pebisnis yang harus menutup usahanya karena tidak mampu bersaing dalam menemukan ide kreatif untuk usahanya dan juga karena perencanaan yang kurang matang sehingga mereka sering terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sehingga point-point berikut yang terangkum dalam 3 langkah jitu untuk menciptakan ide bisnis industri kreatif yang menjanjikan ini sangat penting anda terapkan. Baiklah, berikut ulasannya:

1. Menciptakan hal baru yang berbeda
Memiliki keahlian dalam menemukan ide dan gagasan baru akan menjadikan  bisnis anda semakin berkembang semakin pesat. Pernahkah anda berada di sepanjang jalan yang berderet menjual bakso? Bayangkan anda sedang ingin membeli bakso tersebut, tentu anda akan bingung memilih bakso yang mana bukan? Karena kita menyangka semua sama saja.

Namun jika salah satu diantaranya memiliki ciri tersendiri dengan menambahkan ceker ayam atau dengan sambal berlevel pasti akan lebih membuat konsumennya menjadi penasaran karena berbeda dengan warung bakso yang lain.

Memang tidak mudah untuk membuat hal-hal yang baru, namun banyak sekali perusahaan atau jasa yang bisa berkembang dengan menuangkan ide kreatifnya. Seperti salah satunya adalah Gojek. Jasa di bidang transportasi ini berkembang cukup pesat karena sebelumnya tidak ada jasa yang seperti ini.

2. Melahirkan produk dari kebutuhan konsumen
Jika anda mengetahui bagaimana sejarah dari Aqua, anda akan melihat pentingnya permasalahan publik yang bisa di selesaikan dan menjadi ladang usaha yang sangat menjanjikan.

Jika pada awalnya tidak ada orang yang membutuhkan air mineral dalam kemasan, namun sekarang banyak sekali masyarakat yang membutuhkan setelah keluarnya produk air minum dalam kemasan ini.

Jika anda ingin menemukan industri kreatif yang berpotensi ini, lakukan pengamatan di masyarakat dan lahirkan sebuah produk yang bisa membantu memecahkan permasalahan mereka.

3. Memanfaatkan peluang yang ada
Tahap terakhir dan yang tidak kalah penting anda lakukan adalah untuk memanfaatkan peluang yang ada dari hasil pengamatan. Sekecil apapun peluang yang mungkin anda dapatkan harus benar-benar anda manfaatkan dengan baik. Dan anda dituntut jeli untuk mendapatkan peluang itu.

Ide usaha kreatif yang dijalankan dari pengamatan masalah masyarakat biasanya akan mampu bersaing meski anda memiliki kompetitor.

Seperti perusahaan Unilever, mereka menghadirkan produk-produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat umum seperti pasta gigi, sabun dan masih banyak lagi produk yang mereka lahirkan dari melihat dan mengamati apa kebutuhan masyarakat.

Demikian tadi 3 langkah jitu untuk menciptakan ide bisnis industri kreatif yang menjanjikan serta memberi manfaat untuk konsumen. Tentu sikap disiplin, ulet dan bertanggung jawab juga merupakan modal yang sangat dibutuhkan untuk membangun bisnis.