Tips Cara Membuka Bisnis Baju Distro Bagi Pemula Di Tahun 2017

Artikel kali ini akan mengupas bagaimana cara bisnis baju distro dimana baju – baju ini memiliki penggemarnya sendiri. Banyak yang meyakini jika distro mulai ada pada tahun 1993 dimana saat itu sedang marak berkembang jenis – jenis musik di Indonesia dan kaum muda banyak menggandrungi berbagai aliran musik. Tepatnya di kota Bandung, diyakini jika kota ini menjadi cikal bakal munculnya distro sehingga menjadi berkembang di tahun – tahun berikutnya. Sampai saat ini, distro toko baju masih banyak ditemui, mekipun terlihat tidak semeriah dulu.

cara bisnis baju
image by tribunnews

Cara berbisnis pakaian distro memang membutuhkan modal yang tidak sdikit. Namun peluang untuk menjual baju – baju musik, pernak – pernik serta asesoris yang bekaitan dengan musik tetap memiliki pangsa pasar tersendiri.

Distro sendiri diartikan toko yang menjual pernak – pernik termasuk t-shirt, jaket, topi, dompet, tas dan asesoris lain yang berkaitan dengan kebutuhan anak – anak muda yang ingin tampil gaul. Tidak hanya barang – barang seperti diatas, namun dapat berupa barang – barang lain termasuk majalah, CD dari grup – grup band indie dll.

Barang – barang tersebut dijual dalam jual terbatas / limited edition sehingga kita tidak akan menemukannya di toko – toko lain.

Harga yang dibanderol di toko distro kebanyakan memiliki harga yang terjangkau. Harga yang dipatok bisa mulai dari harga 10 ribu sampai dengan 400ribuan.

Pada umumnya, distro memiliki satu tema tersendiri, misal distro yang menjual baju untuk anak – anak penggemar musik rock / musik – musik tahun 70an.  Kota Bandung yang menjadi cikal bakal adanya distro ini menjadi salah satu pusat berkembangya distro baju anak – anak band.

Jika Anda memiliki passion untuk menjual baju distro, maka ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda semua.


Tips cara bisnis baju distro bagi pemula

Sebagai pemula, kita jangan berkecil hati untuk memulai bisnis baju distro. Untuk beberapa tahun belakangan memang tidak terlalu ramai, namun tetap memiliki prospek karena untuk sekarang ini, pemasaran bisa dilakukan secara online. Tidak hanya mengandalkan kunjungan dari toko saja.

Pemilihan lokasi 
Pemilihan lokasi memang menjadi langkah awal yang penting. Jika lokasi memang strategis, maka akan semakin mendapatkan kemudahan dalam menjual produk kita. Pilihlah lokasi yang belum ada toko sejenis. Kita dapat menyewa tempat tersebut.

Mencari pemasok baju distro
Diawal, mungkin kita harus memasok baju dan membelinya secara langsung dari pemasok barang. Kita bisa saling membina kepercayaan sehingga jika pemasok sudah percaya maka bisa menggunakan sistem konsiyasi. Untuk komisi distro umumnya adalah 20% dari harga jual barang.

Untuk mempermudah dalam mendapatkan pemasok yang terpercaya dan banyak diminati pelanggan terutama anak muda, maka kita harus bergaul dan mencari informasi dari komunitas – komunitas distro. Secara online, kita bisa berbaur dengan mereka lewat media sosial seperti Facebook. Masuklah ke group – group komunitas mereka. Carilah informasi – informasi produk – produk yang banyak digrandrungi.

Jika kita telah mendapatkan pemasok terpercaya dan memiliki omset dari penjualan yang relatif stabil, kita dapat memproduksinya sendiri. Karena dengan cara memproduksi sendiri, keuntungan dapat berlipat, bisa mencapai 40% – 50%.

Promosi
Promosi memang menjadi senjata yang harus ada pada setiap bisnis apapun tak terkecuali binis baju distro. Beberapa langkah promosi seperti selalu mengikuti acara atau event – event musik dikota kita atau kota sekitar dan membuka gerai baju distro kita disana. Perkenalkan produk Anda dan toko Anda.

Selain itu, kita bisa mempromosikan di media sosial dengan menjual produk kita di komunitas atau group Facebook yang menjadi target penjualan kita. Namun dalam promosi juga harus bijak, tidak boleh spam.

Bisnis ini juga terkadang tidak selalu meledak, artinya tidak semua kota memiliki anak muda yang berjumlah banyak dimana mereka antusias dengan produk – produk baju yang berkaitan dengan musik. Namun dengan pemasaran secara online bisa banyak membantu menaikkan omset penjualan disaat bisnis baju distro sedang lesu.

Nah itulah tips cara bisnis baju dengan membuka toko distro baju. Modal usaha toko baju distro ini memang tidak sedikit, namun jika kita bisa melihat peluang maka bisa mendapatkan omzet puluhan juta dengan jualan baju distro. Semoga bermanfaat.